Rabu, 14 November 2018

Penyebab Perut Terasa Panas

Penyebab Perut Terasa Panas  -  Pernah kah anda mengalami perut terasa panas ? Mungkin hal ini sering terjadi dan hampir semua orang pernah mengalami hal yang satu ini. Tahukah anda apa penyebab perut terasa panas ? Perut panas bisa disebabkan karena adanya penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease – GERD) maupun gastritis. 


Perut terasa panas dapat terjadi dan menyerang pada siapa saja, tanpa mengenal usia. Secara umum, perut terasa panas akibat dari gejala gangguan pencernaan yang dipicu oleh banyak faktor. Namun, perut panas terjadi karena penyebab utamanya yaitu refluks naiknya asam lambung ke kerongkongan, sehingga menimbulkan rasa panas pada perut bahkan dada. Refluks asam lambung dapat menyebabkan iritasi pada kerongkongan, sehingga menyebabkan rasa sensasi panas yang menganjal di dada. 

Informasi lainnya : Komplikasi tukak lambung

Tidak hanya itu, naiknya asam lambung atau refluks menyebabkan keluarnya cairan isi lambung dari lambung, mual dan muntah. Adapun beberapa penyebab lainnya yang menyebabkan perut terasa panas seperti : 
  • Konsumsi coklat berlebih 
  • Makan makanan yang pedas
  • Konsumsi kafein berlebih 
  • Konsumsi minuman yang mengandung alkohol
  • Merokok
  • Obesitas
  • Kehamilan
Adapun beberapa penyakit yang membuat perut terasa panas seperti : 
  • Dispepsia
    Salah satu penyebab utama perut terasa panas yaitu dispepsia, yang dimana dispepsia ini merupakan gangguan pencernaan yang belum diketahui secara pasti penyebabnya. Dispesia ini menimbulkan rasa tidak nyaman atau timbul rasa nyeri pada bagian atas perut. Perlu untuk anda ketahui, Mengkonsumsi minuman yang beralkohol, rokok, kafein dapat meningkatkan risiko lebih tinggi untuk terkena dispesia. 

    Jika gejala seperti diatas terus menerus berlanjut, maka segeralah untuk memeriksakan diri pada dokter. Apalagi jika gejala tersebut disertai dengan sesak nafas, batuk berdarah, kotoran berwarna hitam atau gelap, serta rasa nyeri yang menjalar ke area rahang, leher atau bahkan lengan.
  • GERD 
    Gerd dapat terjadi ketika cincin otot paling bawah kerongkongan tidak bisa menutup dengan sempurna. Sehingga akibatnya asam lambung menjadi naik, sehingga menimbulkan perut terasa panas.
  • Gastris
    Gastris disebabkan karena adanya bakteri H.Pylori yang menimbulkan luka pada lambung. Ketika lapisan pelindung ini rusak dan menimbulkan peradangan, maka akan berakibat fatal. Tidak hanya itu, sejumlah kondisi Seperti penyakit crohn atau radang usus, dll. 
Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar