Jumat, 16 November 2018

Ciri-ciri Luka Lambung

Ciri-Ciri Luka Lambung - Tukak lambung merupakan suatu kondisi dimana adanya luka pada lambung yang disebabkan karena meningkatnya kadar asam lambung yang berupa adanya infeksi bakteri. Namun, beberapa orang beranggapan bahwa adanya luka lambung disebabkan karena mengkonsumsi makanan pedas dan stres yang berlebih. Namun hal tersebut tidaklah benar, mengkonsmsi makanan yang pedas hanya akan memperparah suatu gejala luka pada lambung tersebut. Adanya luka pada lambung tentunya  menimbulkan rasa sakit yang membuat penderitanya tidak dapat melakukan aktivitas apapun. Tukak lambung dapat terjadi pada siapa saja, namun tukak/luka lambung ini lebih sering dan rentan terjadi pada orang lansia.

Berikut ada beberapa ciri-ciri luka lambung yang harus diwaspadai :

Ciri-ciri Luka Lambung 


  1. Mual dan Muntah 
    Rasa mual yang disertai dengan muntah merupakan suatu gejala dari gangguan pencernaan, Biasanya seseorang yang mengalami gangguan pencernaan akan mengalami mual dan muntah. Saat mengalami mual dan muntah sebaiknya beristirahat dan jangan melakukan aktivitas terlebih dahulu, sebab jika terus dipaksakan mengalami mual dan muntah maka akan memperparah saja. 
  2. Nyeri Pada Perut 
    Saat lambung mengalami luka, maka akan menimbulkan rasa sakit pada perut seperti ditusuk-tusuk. Tidak hanya itu, terdapat luka pada lambung juga sering menimbulkan sensai rasa panas atau terbakar pada lambung. Kondisi tersebut tentu saja membuat aktivitas menjadi terhambat. 
  3. Mengalami Perut Kembung dan rasa tidak nyaman
    Munculnya rasa tidak nyaman seperti sensasi perut kembung pada saat luka lambung ini disebabkan karena adanya asam lambung yang naik sehingga mengakibatkaj perut terasa penuh. Perut kembung juga disebabkan karena adanya gas yang terlalu banyak pada perut, sehingga akhirnya menyebabkan perut kembung.
  4. Sakit pada tenggorokan 
    Pada saat lambung mengalami luka maka gejala yang lain akan timbul seoerti sakit pada tenggorokan, hal tersebut menyebabkan susahnya untuk menelan makanan. Rasa sakit pada tenggorokan ini diakibatkan karena panas dalam ataupun adanya radang. 
  5. Nafsu Makan Berkurang 
    Menurunya nafsu makan seseorang merupakan gejala dari sakit lambung. 
  6. Bau Mulut tak sedap 
    Munculnya bau mulut tak sedap juga diakibatkan oleh adanya luka pada lambung. Namun, bau mulut juga bisa terjadi karena gigi berlubang atau efek mengkonsumsi makanan tertentu. 
Dan demikianlah sekilas informasi mengenai ciri luka lambung yang harus anda waspadai, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan kita semua. 
Salam sehat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar